Sabtu, 19 Februari 2011

Kawah Candradimuka itu berinisial RSPG


3 tahun 1 bulan 17 hari tlah berlalu sejak pertama kali saya bekerja secara professional sebagai tabib modern, berjubah putih dan telah dimantrai dengan Sumpah Hipokrates yang didengung-dengungkan pula oleh teman-teman sejawat yang lain di seluruh dunia. Di Rumah SEHAT Petrokimia Gresik. Saya pribadi kurang suka dengan istilah Rumah SAKIT. Secara terminologi berarti rumah bagi para pesakitan. Dangkal sekali. Karena sebenarnya pasien-pasien yang datang adalah tamu yang sedang training kesabaran dan menunggu harapan untuk menjadi SEHAT. Jadi kata ‘Rumah Sehat’ mengandung optimisme. Jauh dari sikap putus asa dan sikap mengasihani diri sendiri. Dalam bahasa Inggris rumah sakit kan diterjemahkan sebagai Hospital dari kata hospitality yang secara garis besar berarti keramahan (dalam menyambut tamu/pasien)

Rumah Sehat ini terletak di jantung kota Gresik. Di kompleks pabrik pupuk yang telah melegenda di seluruh Nusantara. Sepintas rumah sehat ini mungkin dipandang hanya sebelah mata karena cukup kecil. Rumah sehat ini dibangun hanya satu lantai dengan extra floor tempat singgasana sang raja berada. Tapi bila melihat omzet nya maka akan cukup membuat seseorang terhenyak dan terbelalak. Kerjasamanya sudah menggurita dari PT. Petrokimia nya sendiri, puluhan anak perusahaan, dan berbagai macam health insurance seperti Jamsostek, Askes sosial, askes In health, dll. Seperti diketahui Gresik adalah industrial city sehingga bisnis kesehatan seperti ini cukup berkembang dengan baik.

Perkembangan dari tahun ke tahun jika dibandingkan dengan rumah sakit yang serupa cukup pesat dan ambisius. Meski belum mampu untuk memperluas rumah sakit utama, tapi rumah sehat ini berkembang menjadi rumah-rumah baru atau sel-sel baru di tempat-tempat strategis. Ada yang bernama Ghra Husada (GRAHU). Bertempat di daerah perumahan karyawan, perombakan bangunan yang awalnya hotel 4 lantai ini mengunggulkan tingkat kenyamanan dan ketenangan yang lebih. Di daerah perumahan GKB (Gresik Kota Baru) yang padat penduduk, ada klinik Kalimantan yang buka 24 jam. Dan pada akhir 2011 ini lahirlah ‘anak bungsunya’ yang bernama Klinik Driyorejo. Kecil2 cabe rawit karena tersedia layanan dokter spesialis lengkap dengan radiologi dan ruang operasi.

The GPs (red. General Practitioners) atau dokter umum dan juga perawat yang bertugas terdiri dari manusia-manusia hasil seleksi alam. banyak dari mereka yang masih muda, energik, kreatif dan tentu saja good looking hehe.. mengapa juga banyak yang masih muda? Karena memang turn over-nya cukup tinggi. Dokter? Sudah jelas karena banyak yang memutuskan untuk terus meng-upgrade dirinya dengan mengambil program pendidikan dokter spesialis. Perawat? Ada yang diterima tes CPNS ada yang menikah kemudian ikut suaminya. Seperti kulit, setiap saat ada saja pergantian secara terus-menerus, ada wajah-wajah baru.

Rumah sehat pendidikan. Sangat kondusif untuk proses belajar terutama di UGD, kasusnya lengkap. Dari hanya gatal2 setelah makan udang hingga kejang-kejang karena Ventrikel Takikardia. Dag dig dug karena tidak mudah ditebak what’s the next patient? Walau perasaan itu akan sama sekali hilang seiring dengan waktu.

Betul seperti kata pepatah, bahwa pengalaman adalah guru yang terbaik. Di rumah ini saya seperti mengalami proses pendidikan dan mendapat banyak sekali pelajaran yang kalau boleh saya bagi dengan  4 aspek yaitu :

Kognitif
Yaitu yang berhubungan dengan peningkatan pengetahuan (knowledge) seperti case studies mulai dari diagnosis, terapi, komplikasi, follow up terapi, Initial treatment, Monitoring dsb, Deskripsi dan  Intrepetasi ekg, Emergency and Intensive Care, Farmakologi, Anatomi, Membaca hasil radiologi, Kalkulasi luka bakar, Epidemiologi, cara menulis dan mempresentasikan makalah.

Psikoafektif
Berhubungan dengan psikologi dan kecerdasan emosi seperti : Membaca karakter, Membaca gerak dan bahasa tubuh, deteksi kebohongan, komunikasi verbal yang efektif, teknik pelaporan kepada dokter konsultan, intuisi,  problem Solving, team work, empati, pentingnya memberikan perhatian, dan menjalin persahabatan.

Psikomotor
Yaitu yang berhubungan dengan Skill atau ketrampilan :  seperti Teknik Operasi kecil, pemeriksaan fisik (internistik, Neurologis, bedah, Oftalmologis, THT), pemasangan Endotracheal tube, Teknik Evakuasi, Resusitasi jantung paru, Home Visite, Teknik Ekstraksi benda asing mata dan THT.


Spritual
Bertambah rasa syukur karena masih diberi sehat, kesabaran dalam menjalankan amanah. Sakit adalah penghapus dosa-dosa, Teknik mengambil ibrah / pelajaran, memahami Qodho dan Qodar, belajar tentang keikhlasan.

Semuanya seperti diceburkan menjadi satu ke dalam kawah Candradimuka membentuk diri manusia yang bekerja didalamnya menjadi manusia yang InsyaAllah lebih baik daripada sebelumnya…

Sebentar sebentar….. Apa siy yang disebut Kawah Candradimuka? Apa artinya? Darimana asal muasalnya. Ada cerita yang menarik mengenai ini. Berikut ini kisahnya….

Alkisah dalam Mahabarata. Raden Gatotkaca yang mempunyai nama kecil Jabang Tetuko ini adalah anak hasil perkawinan dari Bimasena atau Werkudara, salah satu dari Pendawa Lima dengan Dewi Arimbi yang notabene adalah seorang raksasawati. Karena hasil blasteran, jadi Gatotkaca ini punya bentuk tubuh dan wajah yang setengah-setengah. Setengah manusia setengah raksasa. Seperti monster-lah jadinya. Sampailah pada suatu ketika Kahyangan sedang dirundung peperangan dengan Patih Sekipu Montro yang sakti mandraguna. Kewalahan menghadapinya, Kahyangan kemudian mengutus Gatotkaca yang tinggal di bumi Pringgodani untuk menghadapi Patih Sekipu Montro. Pada saat itu Gatotkaca masih kecil dan belum dipoles. Belum begitu sakti dan masih berwujud raksasa. Lalu Batara Narada, tangan kanan Batara Guru membawa Jabang Tetuko (Gatotkaca kecil) dan menceburkannya ke dalam suatu kawah yang panas bernama Candradimuka, bersama dengan berbagai pusaka baja kahyangan. Apa yang terjadi? Wuzz!! Jabang Tetuko kemudian menjelma menjadi seorang Ksatria yang gagah dan rupawan. Kuat Luar biasa, bisa terbang kesana kemari, berotot kawat bertulang besi. Plus dibekali berbagai macam pusaka.  The flying knight of Pringgodani is born! Berdasarkan cerita inilah maka Kawah Candradimuka sering sekali dipakai sebagai istilah untuk proses ‘penggodokan’ dalam dunia pendidikan.

Setiap pengalaman, baik itu pahit maupun manis adalah sebuah proses pembelajaran, tinggal bagaimana seseorang pandai-pandai mengambil pelajaran atau hikmah dari setiap pengalaman. Begitu juga sebuah rumah sehat, dimana drama kehidupan tergurat jelas. Disatu sisi lahir satu kehidupan dan di sisi lain sesosok ruh kembali menghadap Rabb-nya. Karena itulah saya merasa sangat bersyukur bisa mendapat kesempatan untuk bekerja sekaligus belajar. Belajar tentang hidup. Di Rumah Sehat ini,  Rumah Pembangun Karakter, Kawah Candradimuka itu berinisial RSPG. (AST)


Hai manusia, sesungguhnya kamu telah bekerja dengan sungguh-sungguh menuju Tuhanmu, maka pasti kamu akan menemui-Nya. (Q.S Al-Insyiqaaq : 6)

Manusia di dunia ini baik disadarinya atau tidak adalah dalam perjalanan kepada Tuhannya. Dan tidak dapat tidak dia akan menemui Tuhannya untuk menerima pembalasan-Nya dari perbuatannya yang buruk maupun yang baik.


Gresik, 19 Februari 2011 02.53
Astu Anindya Jati feat. Nindia Nurmayasari

1 komentar:

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...