Selasa, 03 Mei 2011

Pengen jual diri? Siapa Takut!


Aaargh.. udah hampir jam 12! pake kesasar lagi ke ITATS. Akhirnya Alhamdulillah sampai juga di @hackercentersby, gara-gara lihat panther merahnya pak @bukik. Langsung aja naik ke lantai 3 dan eh workshopnya ternyata udah dimulai. Kita ikuti yuuk!

PROLOGUE

Yah. Berawal dari Pak @bukik yang 1 minggu sebelumnya mengundang saya di twitter. untuk ikut workshop yang berjudul “How to show your personal brand with your own media” 

dengan pembicara yang enggak tanggung-tanggung. Ada pak @bukik  (dosen psikologi UNAIR, Socialpreneur strategist), ada mas @imammtq (Praktisi Brand PR), mas @rusabawean (blogger. Nominasi Bob’s award), mas @inijie (Pemenang Blog Terbaik Pesta Blogger 2009). wah menarik juga niy. Tentang personal brand. Kan lagi hangat dibicarakan di ranah maya.

Kata Pak @jonru, (penulis, owner writer’s academy), personal brand adalah persepsi orang-orang tentang  kita, sebagai  akibat dari cara kita bersikap, berkata, bertindak dst di depan publik. 

Penulis yang peduli dengan personal branding akan memiliki karakter yang kuat bagi pembacanya. Orang akan memiliki asosiasi langsung tentang anda. Misalnya Kang Abik identik dengan Novel2 Islami pembangun Jiwa, Agatha Christie konsisten dengan novel misteri, Raditya dika dengan cerita-cerita gokilnya. 

Orang dengan personal brand yang kuat akan memiliki icon, ciri khas, keunikan tersendiri, dan konsisten dalam menampilkan jati dirinya.

Udah kebayang bakal keren banget kan pembahasannya. Untuk yang tidak bisa hadir, tenang saja. Berikut ini saya sudah rangkum poin-poin penting dari tiap-tiap pembicaranya. Yuuk mari disimak!

@bukik‘s session (the points)

 




  • Personal brand itu alamiah. Mau tidak mau orang itu akan menilai kita. Dari baju kita, penampilan kita, gaya bicara, postur, gaya penulisan kita baik secara Offline maupun Online.
  • Di dunia online sebaiknya kita menjadi orang yang mempunyai warna yang khas “Be a single red dot among hundreds of black dotsBe different!
  • Personal Brand itu ada 2. Brand Internal dan Brand External
  • Brand Internal berkaitan dengan passion dan karakter kita sesungguhnya. Cara taunya gampang, bisa dari diri sendiri dengan memilih 3 dari daftar 100 kata yang paling menggambarkan diri kita. Atau meminta feed back dari teman-teman anda, “Coba gambarkan saya dalam 3 kata!” di FB atau twitter misalnya.
  • Brand External berkaitan dengan misi hidup yang kita bawa. Konstribusi apa yang ingin kita berikan kepada dunia.  Misalkan saya seorang dokter saya ingin menyehatkan manusia baik secara fisik, mental dan spiritual, kak @rusabawean ingin mengenalkan bawean kepada dunia. Untuk mengetahuinya coba tanyakan ke follower/friends anda “ Apa siy manfaat yang bisa anda dapatkan dari saya?”
  • Antara brand external dan internal hendaknya sesuai. Personal brand bukan sebuah pencitraan.
  • Kata coach Tjia “Be your Best Self” Jadilah dirimu yang terbaik. Tidak cukup hanya “Be yourself” jadi munculkan potensi terbaik dari dirimu.
  • Selain online, offline juga harus ciamik. Cobalah untuk mengikuti berbagai komunitas. Lintas komunitas bisa memperkaya wawasan dan jaringan.
  •  Sering-seringlah berbagi. Berikan sesuatu yang bermanfaat untuk kawan-kawan anda. Itu bisa berupa informasi atau tips yang berguna. Dahulu pak @bukik sering sharing ebook untuk followernya dan ternyata cukup efektif.
  •  Bermain di media social seperti FB dan twitter itu seperti kita bergaul lintas batas geografis. Dan media sosial itu memudahkan ‘pengunjung’ untuk masuk ke ‘rumah’ anda persis seperti kita bertamu kemudian ngobrol.
  •  SocMed terutama twitter itu seperti kita menjadi penyiar radio. Jadi terserah kapan siaran. Dan info/tweet yang diberikan boleh kok cuplik sana cuplik sini. Santai dan bebas aja. Paling baik memang berbagi sesuai dengan misi hidup kita.
  •  Coba ukur seberapa pengaruh anda di twitter melalui klout.com situs ini menarik karena yang pertama gratis, simple, analisisnya cukup tajam, cepat dan terpercaya. Ah ada semacam kuadran. Titik kita dimana berada. Apakah anda seorang celebrity, explorer, listener dsb. Klout’s score akan berubah-ubah tergantung seberapa besar konstribusi anda di twitter. Klout’s score tidak selalu berbanding lurus dengan jumlah followers.
  • Buat oleh-oleh ada beberapa tips untuk nge-tweet. 
  • o   Singkat! Cukup 120 karakter. Sisakan 10-20 karakter agar bisa di RT
  • o   Buatlah tweet yang (meminjam istilah @revolutia)  RETWEETABLE
  • o   Bikin tweet yang bikin ‘gatel’ untuk dikomentarin
  • o   Ada istilah Create & Conversation. Create adalah aktivitas membuat tweet berupa ide, gagasan, pernyataan, tips dsb sedangkan conversation ya hanya sebatas ngobrol, saling komentar  dengan tweeps yang lain. Pak @bukik menyarankan setiap hari kita create sekitar 20-30 tweet. Jika kebanyakan ngobrol maka klout’s score kita akan turun

 

@Rusabawean‘s session 

 



@rusabawean berbicara tentang tips-tips ngeblog here’s the point
·         Semakin update semakin bagus. Tema mungkin bisa beragam
·         Awal @rusabawean membuat blog sebenarnya adalah praktik menulis pada saat sekolah jurnalistik.  Alasan lain adalah pengen punya catatan online, pengen punya banyak teman, pengen terkenal dan ingin mengenalkan bawean.
·         @rusabawean berpindah pindah dari multiply, blogspot dan yang terakhir di wordpress.
·         Mengapa rusa bawean? Pada awalnya ia menggunakan nama aslinya tapi ia kurang merasa nyaman lalu dibuatlah icon rusa bawean sekaligus memperkenalkan bawean keseluruh dunia.
·         Dari nge-blog @rusabawean bisa jalan-jalan ke Bali, mengajak bule keliling bawean, dan bisa masuk nominasi Bob’s award.
·         @rusabawean ngasih tips agar bisa masuk google top search, maka beri keyword yang banyak di ‘tagging’ section (tentu saja yang relevan). Jangan pada postingan. Kak @imammtq menambahkan bahwa sekarang google mencari berdasarkan relevansi bukan usia dari blog itu sendiri.
·         Salah satu yang mengagumkan dari @rusabawean adalah ia rajin blogwalking dan meninggalkan comment atau pesan. Hasilnya lumayan banyak ia mendapat feed back / fol back follower blognya. Mencapai 500 orang!
·         Jangan hanya di OL coba sekali-kali ikut komunitas dan atau kopdar. Kita akan banyak sekali mendapat kawan baru.

@inijie‘s session

 

  

Ah kalo mas yang satu ini sering menang lomba2 ngeblog. Inijie.com dengan 100.000 pageviews tiap bulannya. fokus membahas tentang kuliner, fotografi dan travelling dengan bahasa yang renyah dan mudah dicerna.

Konon ia menggabungkan 4 karakter  yaitu Marc Zuckenberch, Darwis Triadi, Raditya Dika dan Pak Bondan. Dan Amazing! melalui blog ia menang berbagai kompetisi dan mendapatkan berbagai gadget seperti laptop dan ipad. Juga dapat job moto di perusahaan tempat ia bekerja, dapat job foto kuliner di Singapura. Ia memberikan beberapa resep agar blog kita menjual. Blog that sells

·         Blog itu baiknya fokus pada satu tema misalnya tentang kuliner seperti di injie.com, kesehatan, politik, kebudayaan, dsb. Jangan misalnya sudah fokus bicara dengan tema-tema makanan lalu tiba2 menulis tentang politik.. wah bisa gawat tuh
·         Buat ‘rumah’ sendiri jangan ‘ngekos’ terus maksudnya belilah domain sendiri. Pemasang iklan tentu akan melihat oh rumahnya bagus, terawat, lengkap ada subscribernya, button twitter, FB. Juga seperti rumah sendiri kan kita bebas mau dibuat seperti apa rumah itu. Mau dipasangi banner, mau diwarnai seperti apa terserah yang punya rumah.
·         Judul itu mesti provocative dan mengundang pembaca untuk melihat lebih jauh. Misalnya “Makan sama minumnya semua 5 juta mas… “. “8+ things your  girlfriends won’t tell”. “20+ you probably don’t know about blackberry”
·         Pendapatan utama blog sebenarnya bukan dari iklan itu, karena biasanya musiman. Sebagian besar malah dari job-job offlinenya.
·         Typhography : Adalah seni mengatur tulisan mulai dari space, bentuk dan besar font agar lebih mudah untuk dibaca
o   Letakkan gambar secara sejajar. Jangan kanan terus kiri terus kanan lagi.Harus sejajar lurus rapi
o     Tulisan jangan ‘rengket-rengket’ coba ambil space setiap 1-3 kalimat
o   Beri outline untuk pembaca skimming. Maksudnya beri point-point sehingga pembaca yang tidak mempunyai banyak waktu bisa memilih yang ia ingin baca
Ah senangnya @inijie langsung memberikan workshop tentang typhography. Praktis dan mudah.



Sekitar jam 15.30 workshop berakhir dan kita berfoto bersama. Terimakasih untuk para pengajar yang inspiratif, Pak @bukik, @rusabawean, @inijie dan @imammtq. Peserta dan kawan-kawan baru yang luar biasa @IAridlo @titiesurya @mie_ftah @farizilquds @zuldesign



Surabaya
3 Mei 2011
@astu_MD

Pesan implicit : segeralah berpindah ke wordpress!

5 komentar:

  1. Huuuwaaaaahhh tulisannya keren mas dokter...btw kalo pindah terus konten2 lama di blog bia diangkut gk ya? saya niat pindah tapi kok eman2 sama konten di blog lama...

    ~Titie Surya~

    BalasHapus
  2. kalo ndengerin katanya mas @rusabawean kemarin kan bisa diekspor tapi ga tau juga bagaimana caranya. mungkin bisa tanya langsung ke narasumbernya

    BalasHapus
  3. Atau dipisah aja mbak antara personal blog dan yang mau dijadikan brand. saya rencana seperti itu jadi blog buat dokter keluarga mau dibuat di wordpress. sementara yang personal tetep disini ajah. toh blogger juga terus ada perbaikan

    BalasHapus
  4. hehehe
    gak harus Wordpress sih sebenernya :D
    Blogspot sekarang juga ok koq, tapi mau lebih profesional, mending WP *ditabok pengguna blogspot*

    Laporannya keren mas
    mantap :D

    BalasHapus
  5. @rusabawean : terimakasih mas banyak banget niy ilmu yang bisa didapet kemarin. masih newbie jadi masih banyak kekurangan mudah2an suatu saat bisa seperti kak rusa dan kak nijie :)

    BalasHapus

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...