Sabtu, 02 April 2011

Meretas taqwa meraih rahmat-Nya

Khotbah Jum’at 1 April 2011
Dukuh Gatul Desa Pandu Cerme Gresik


Assalamualaikum Wr.Wb
Segenap syukur marilah kita panjatkan karena atas hidayah-Nya lah kita mendapat kenikmatan berupa nikmat iman dan nikmat taqwa. Rasa syukur tidaklah cukup bila hanya diucapkan dengan Hamdalah. Akan tetapi dengan pengabdian kepada-Nya yaitu dengan menjaihu segala larangan-Nya dan menjalankan perintah-Nya. Oleh karena itu kita sebagai umat muslim hendaknya selalu meningkatkan kualitas iman dan taqwa masing-masing. Dengan salah satunya sikap mawas diri

Sikap mawas diri/ taqwa  itu seharusnya membawa kita untuk meraih kesuksesan di dunia dan akhirat. Umat yang berbahagia umat yang beriman kepada Alloh dan rasulNya hanya orang  yang beriman sajalah yang dapat merasakan nikmat ilahi. Dia adalah orang yang mengetahui betapa rahmat Alloh itu diberikan kepada siapa saja dan dimana-mana. Sebab itu orang beriman mengisi hidupnya dengan berterimakasih . dengan bersyukur. Dengan saling bersyukur maka Alloh akan semakin menambah kenikmatan dan barokahnya Firman Alloh

Dan (ingatlah juga), tatkala Tuhanmu memaklumkan; "Sesungguhnya jika kamu bersyukur, pasti Kami akan menambah (nikmat) kepadamu, dan jika kamu mengingkari (nikmat-Ku), maka sesungguhnya azab-Ku sangat pedih."  (14:7)

Hadirin shalat Jumat yang dirahmati  Alloh.
bagi orang mukmin, dengan mendekatkan diri kepada Alloh maka akan semakin bertambah kedekatan  perasaan antara dirinya dengan Alloh. Semakin dia mendekati-Nya maka semakin pula Dia mendekat. Semakin dia tekun dan berharap dalam soa, semakin mudah Alloh mengabulkannya. Dia mencari ridho kepada Dzat-nya maka Tuhanpun ridho kepadanya. Orang demikian ini telah mencintai Alloh dengan seluruh jiwa dan raganya maka Dia pun mencintainya. Bertambah rahmat. Bertambah melimpah karunia-Nya.

Begitu Maha Pemurah dan Maha Pengasih-nya Alloh hingga apabila kita datang dengan membawa dosa sebesar bumi dan kita menyesal dan bertaubat dengan sebenar-benarnya. Maka Alloh juga akan membawa ampunan sebesar bumi pula. Alloh tidak akan menyiksa suatu kaum yang belum dikirimkan-Nya utusan / nabi / rosul yang harus menjadi panutan dan selalu mengingatkan kita tentang tujuan penciptaan yaitu untuk beribadah kepada-Nya.

Untuk mendapatkan rahmat Alloh memang tidak mudah. Penuh godaan. Kita harus pandai-pandai memelihara diri dan harus memiliki tekad yang kuat semata-mata untuk mencari keridloan Alloh.

Retold by Astu Anindya Jati

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...