Sabtu, 26 Maret 2011

Penyebab rusaknya tatanan sosial (2) KERAS HATI

Ust. Abdul Aziz @renungan pagi suarasurabaya FM 100.0

Assalamualaikum Wr. Wb.

Keras hati adalah suatu sikap yang menandakan kekakuan dan keangkuhan. Suatu sikap meremehkan, melecehkan orang lain. Menganggap dirinyalah yang paling benar.

Sikap keras hati akan menyebabkan seseorang yang pertama terisolir dari kehidupan masyarakat. Yangkedua, dibenci oleh orang lain. Ketiga, ia akan mudah sekali meluapkan amarahnya kepada orang-orang yang tidak sepaham dengannya dan yang keempat akan jauh pula dari rahmat Alloh SWT. Naudzubillah min dzalik.

Pesan Nabi jadilah orang yang penuh kelembutan dan kasih sayang. Barangsiapa tidak menyayangi maka tidak akan dikasihi.

Bagaimana wujud nyatanya? yaitu dengan menunaikan hak sesama muslim. Mengucap salam, menghadiri undangan, memberi nasihat, menjenguk saat sakit, menjawab saat bersin, dan melayat, mengantar hingga ke kubur.

Ada beberapa langkah untuk mengatasi sikap keras hati :

  1. Memahami bahwa setiap orang pasti diberi keistimewaan berikut dengan kekurangannya. Begitu juga dengan diri kita. Untuk apa menyombongkan diri, membanggakan diri sementara tidak ada manusia yang sempurna di  dunia ini
  2. Menyadari perbedaan adalah rahmat. Bukankah kita diciptakan bersuku-suku agar kita saling berinteraksi satu sama lain dengan dasar taqwa bukan materi.
  3. Menyadari bahwa tidak ada kekuatan yang abadi kecuali Alloh. Kekuasaan pasti berakhir, harta pasti habis, dan kecantikan akan memudar

Marilah kita menjadi manusia yang saling mengasihi. Agama mengajarkan kita untuk tidak bersikap kasar melainkan sopan dalam bertutur kata melunakkan suara kita. mencontoh sifat Nabi dalam menyebarkan risalah

Maka disebabkan rahmat dari Allah-lah kamu berlaku lemah lembut terhadap mereka. Sekiranya kamu bersikap keras lagi berhati kasar, tentulah mereka menjauhkan diri dari sekelilingmu. Karena itu ma'afkanlah mereka, mohonkanlah ampun bagi mereka, dan bermusyawaratlah dengan mereka dalam urusan itu. Kemudian apabila kamu telah membulatkan tekad, maka bertawakkallah kepada Allah. Sesungguhnya Allah menyukai orang-orang yang bertawakkal kepada-Nya (QS Ali Imran : 159)

Dan sederhanalah kamu dalam berjalan dan lunakkanlah suaramu. Sesungguhnya seburuk-buruk suara ialah suara keledai (QS Luqman : 19)

Hai orang-orang yang beriman, janganlah kamu meninggikan suaramu melebihi suara Nabi, dan janganlah kamu berkata kepadanya dengan suara yang keras, sebagaimana kerasnya suara sebagian kamu terhadap sebagian yang lain, supaya tidak hapus (pahala) amalanmu, sedangkan kamu tidak menyadari. (QS Al Hujuraat : 12)

Semoga kita dijauhkan dari hati yang keras dan disejukkan dengan hati yang lembut. Amiin

Wassalamualaikum Wr. Wb

Retold by : Astu Anindya Jati

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...