Minggu, 27 Maret 2011

Penyebab rusaknya tatanan sosial (3) AMAT CINTA DUNIA

Renungan fajar 27 Maret 2011
Ust. Abdul Aziz

Assalamualaikum Wr.Wb
Alhamdulillah di pagi ini kita masih diberi kesempatan untuk bertemu kembali di Renungan Fajar radio Suarasurabaya

Penyebab rusaknya tatanan social yang ke-3 kata Nabi adalah Hubbud Dunya. Amat cinta Dunia

Alloh SWT berfirman

Dijadikan indah pada (pandangan) manusia kecintaan kepada apa-apa yang diingini, yaitu: wanita-wanita, anak-anak (pengikut/bawahan), harta yang banyak dari jenis emas, perak, kuda pilihan (kendaraan), binatang-binatang ternak dan sawah lading (investasi). Itulah kesenangan hidup di dunia, dan di sisi Allah-lah tempat kembali yang baik (surga) (QS Ali Imran : 14)

Dalam kehidupannya di dunia, manusia diberikan oleh Alloh sarana berupa harta, kendaraan, kekuasaan, wanita, anak-anak yang manusia memang secara fitrah cenderung untuk condong kepadanya. Yang perlu digarisbawahi adalah sejauh mana tingkat kecintaan kita kepadanya. Lupakah kita untuk bersyukur? Karena kemuliaan seorang manusia tidak tergantung dari segala materi dan status sosial yang melekat, akan tetapi dari ketaqwaannya


Apa saja bahaya dari Hubbud Dunya?
Manusia akan menjadi budak dari yang dicintainya. Ketika dunia sudah menguasai hatinya, bimbingan hati nuraninya akan lepas, tak ada lagi hidayah yang membimbingnya

Seseorang yang rakus harta dan jabatan akan lebih merusak agamanya daripada dua binatang buas yang lapar dan dilepas di antara domba (H.R. Turmudi)

Seseorang yang amat cinta dunia akan timbul pula sikap ujub (sombong), riya’ (pamer), paling bahaya bila menjangkiti para pemuka agama. Ia akan menggunakan ilmunya untuk menarik simpati massa demi tujuan-tujuan keduniawian. Semua ibadah hanyalah untuk mendapatkan pujian dari manusia

“Cukuplah kejelekan seseorang jika dia menginginkan agar orang-orang memberikan acungan jempol atas kebaikan dirinya, baik dlm urusan agama maupun urusan dunia, kecuali bagi orang-orang yg mendapatkan pemeliharaan Allah”. (HR. Baihaqi)

Orang-orang yang diberi keteguhan di dalam hatinya, Dunia dan seisinya tidak akan mendapatkan tempat di hatinya sebaliknya ialah yang mengatur dunia

Apa saja penyebab dari Hubbud dunya?

  1. Mengira bahwa dengan mempunyai jabatan, mereka akan memperoleh segala keinginanny
  2. Kurang faham tentang hakikat dari jabatan. Mereka mengira jabatan adalah sesuatu yang harus dipertahankan. Padahal jabatan adalah amanah yang suatu saat harus dipertanggungjawabkan.  "Setiap kamu adalah pemimpin dan setiap kamu akan dimintai pertanggungjawaban tentang kepemimpinan kamu." (HR Bukhari dan Muslim)
  3. Anggapan bahwa kenikmatan duniawi adalah satu-satunya yang dapat menyenangkannya

Lalu bagaimana cara mengatasinya?
  1. Pahami bahayanya
  2. Menghindari penyebabnya
  3. Meyakini bahwa dunia pada saatnya akan hancur. Tiada yang abadi di dunia. Dunia yang dicintainya akan meninggalkannya “Dan sungguh akan Kami berikan cobaan kepadamu, dengan sedikit ketakutan, kelaparan, kekurangan harta, jiwa dan buah-buahan. Dan berikanlah berita gembira kepada orang-orang yang sabar.” (QS. Al-Baqarah: 155)
  4. Menumbuhkan iman dan rasa takut kepada Alloh. Pemimpin yang zalim akan mendapatkan azab yang berlipat ganda daripada pengikutnya. Dan mereka berkata;:"Ya Tuhan kami, sesungguhnya kami telah mentaati pemimpin-pemimpin dan pembesar-pembesar kami, lalu mereka menyesatkan kami dari jalan (yang benar). Ya Tuhan kami, timpakanlah kepada mereka azab dua kali lipat dan kutuklah mereka dengan kutukan yang besar."  (al ahzab 67-68)
  5. Memahami kemuliaan sejati adalah kemuliaan disisi Alloh
  6. Bertawwakal kepada Alloh kemudian berdoa  Ya Alloh Jadikanlah dunia dalam genggaman tanganku dan jangan dalam hatiku

Janganlah kita menjadi orang yang terlalu cinta kepada dunia sehingga melupakan akhirat.

Wassalamualakum Wr.Wb

Retold and edited by Astu Anindya Jati

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...