Selasa, 22 Maret 2011

Pertanyaan2 di hari akhir - Sudah siapkah kita?


Renungan Fajar Suara Surabaya FM 100.0 05.00 BBWI
Ust. Rofi’ Munawar

Assalamualaikum Wr.Wb
Semoga di pagi hari ini kita termasuk orang-orang yang bersyukur yang dapat menjalankan tugas-tugas dan amanah kita dengan baik. Sehingga pada saat kita kembali, kita tercatat sebagai  orang yang sukses dunia dan akhirat.

Nabi Muhammad SAW pernah bersabda

Pada Hari kiamat tidak akan bergeser Tapak kaki anak Adam hingga ditanyai 4 perkara :
Nikmat umur, untuk apa digunakan di dunia ini,
Masa muda, untuk apa dihabiskan masa muda ini,
Harta, darimana datangnya harta itu, dan dipergunakan dalam hal apa,
Ilmu, untuk apakah ilmu itu, apakah untuk kemaslahatan atau kerusakan.

UMUR
Untuk apa digunakan? Betapa berharga waktu yang kita punya. Seringkali kita lupa untuk besrsyukur, Nabi pernah menyinggung pada salah satu haditz nya :

Ada dua nikmat dimana manusia banyak tertipu karenanya, yaitu kesehatan dan waktu luang
(HR Bukhari)

Kadang kita baru merasakan betapa berharganya kesehatan dikala kita sakit, betapa berharganya kesempatan disaat kita tak lagi muda, tak lagi mempunyai kesempatan. Hanya menyisakan penyesalan tiada guna

Marilah manfaatkan waktu kita dengan sebaik-baiknya untuk menghasilkan kebaikan dan produk amal saleh sebanyak  yang kita mampu

MASA MUDA
Masa muda adalah masa paling potensial. Masa paling kuat untuk kita dapat beribadah dengan optimal. Manusia diberi pilihan apakah ia akan memanfaatkannya untuk kebaikan, atau malah tenggelam dalam kemaksiatan

HARTA
Ada 2 macam pertanyaan yang diberikan khusus untuk harta. Yang pertama darimana ia dapatkan? Halalkah? Haramkah? Lalu kamu gunakan untuk apa? Untuk zakat, perdagangan, memberi nafkah, atau untuk hal-hal yang haram. Jangan menunda-nunda zakat karena di dalam harta kita ada hak fakir miskin.

ILMU
Ilmu yang bermanfaat adalah ilmu yang dapat mendekatkan diri kita kepada Alloh SWT. Ilmu yang menuntun kita kepada kebahagiaan dan jalan yang lurus. Bukan ilmu yang membodohi dan membuat kita tersesat.
Marilah kita menyiapkan jawaban dengan memperbanyak amal ibadah kita dan mempergunakan 4 hal ini umur, masa muda, harta dan ilmu kita dengan sebaik-baiknya.


Retold and modified by Astu Anindya Jati

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...